PROGRAM
SEMESTER I
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
SEKOLAH :
SD ...
MATA PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
KELAS : I (Satu)
SEMESTER :
Ganjil
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
1.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw 2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw 3.17 Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 4.17
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw |
1.17.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. .17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw 3.17.1
Menyebutkan sifat terpuji Dari kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. 3.17,2
Menjelaskan sikap kasih Sayang dari kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw 4.17.1
Menceritakan sikap terpuji Dari kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw 4.17.2
Menceritakan kisah singkat Keteladanan Nabi
Muhammad saw |
|
|
1.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.5 Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha
Penyayang dan Maharaja. 2.5 Menunjukkan
sikap kasih sayang, peduli, kerjasama dan percaya diri sebagai implementasi
dari pemahaman Asmā'ul Husnā: ar-Rāhman, ar-Rahīm, al-Mālik. 4.5 Melafalkan
Asma”ul Husna Ar-Rahman, ar-Rahim ,
dan Al - Malik 3.5. Memahami Asm’ul HUsna ar- Rahman ,ar Rahim ,dan al-malik |
1.5.1 Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih. 1.5.2 Menerima
adanya Allah Swt. Maha Penyayang. 2.5.1 Menunjukkan
sikap kasih sayang. 4.5.1 Melafalkan Asm”ul
Husna ar- Rahman 4.5.2
Melafalkan Asm”ul Husna ar-Rahim dan al-
malik 3.5.1. Mengartikan
Asma’ul Husna Ar -Rahman 3.5.2. Mengartikan Asmaul Husna ar-Rahim dan
al-malik 3.5.3.
Menyebutkan kasih sayang Allah swt |
|
|
2.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil. 2.2 Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fātihah dan Q.S.
al-Ikhlās. 4.2.1 Melafalkan
Q.S. al-Fātihah dan Q.S. dan al-Ikhlās dengan benar dan jelas |
1.2.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an. 2.2.1 Menunjukkan sikap kasih sayang . 2.2.2 Menunjukkan
sikap peduli. 4.2.1.1 Melafalkan basmalah 4.2.1.2 Melafalkan Q.S. al-Fātihah ayat 5-7 4.2.1.3
Melafalkan Q.S. al-Fātihah ayat 1-7. |
|
|
2.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
4.2.2 Menghafal
Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlās dengan benar dan jelas 3.2 Memahami
pesan-pesan pokok Q.S al-Fātihah, dan al-Ikhlās |
4.2.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fātihah ayat 5-7. 4.2.2.3
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fātihah ayat 1-7. 3.2.1 Menyebutkan arti al-Fātihah. 3.2.2 Menyebutkan jumlah ayat Q.S al-Fātihah. 3.2.3 Menyebutkan
tempaat turunnya Q.S al-Fātihah. 3.2.4 Menjelaskan isi pokok Q.S al-Fātihah. |
|
|
2.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar
al-Qur’an 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai
implementasi dari pemahaman huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara
lengkap 4.1.Melafalkan huruf –huruf Hijaiyya dan harkatnya secara Lengkap 3.1 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap |
1.1.1 Terbiasa membaca basmalah setiap memulai
beraktivitas. 2.1.1 Menunjukkan
perilaku percaya diri. 4.1.1
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah dengan benar 4.1.2
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat fathah. 4.1.3
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat kasrah. 4.1.4 Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah
berharakat dammah 3.1.1 Menyebutkan 29 huruf hijaiyyah. 3.1.2 Menyebutkan macam-macam harakat. |
|
|
3.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.3 Menerima adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan
Maha Penyayang. 2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai
implementasi dari pemahaman adanya Allah Swt. 3.3 Memahami
adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang 4.3 Menunjukkan
bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang |
1.3.1 Menerima adanya Allah Swt. 2.3.1 Menunjukkan perilaku percaya diri 3.3.1 Menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt.
3.3.2 Menjelaskan bukti-bukti adanya
Allah Swt. 4.3.1 Mengungkapkan bukti bukti-bukti adanya Allah Swt. 4.3.2 Menunjukkan
bukti bukti-bukti adanya Allah Swt. |
|
|
3.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.4 Menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah. 2.4 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai
implementasi dari pemahaman keesaan Allah Swt. 3.4 Memahami
keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk
ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. 4.4 Menunjukkan
bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
1.4.1 Menerima keesaan Allah Swt. 2.4.1 Menunjukkan perilaku percaya diri. 3.4.1 Menyebtkan keragaman anggota tubuh sebagai bukti
keesaan Allah Swt. 3.4.2 Menyebutkan
manfaat keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt. 3.4.3 Menyebutkan
keragaman anggota keluarga di rumah sebagai bukti keesaan Allah Swt. 3.4.4 Menyebutkan
keragaman di lingkungan sekolah sebagai bukti keesaan Allah Swt 4.4.1 Mengungkapkan
bukti-bukti keesaan Allah Swt 4.4.2 Menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt |
|
|
3.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
4.4 Menunjukkan
bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. 4. 1.11 Terbiasa
bersuci sebelum beribadah. 2.11 Menunjukkan perilaku bersih badan, pakaian,
barang-barang, dan tempat sebagai implementasi dari pemahaman makna bersuci. |
4.4.1 Mengungkapkan
bukti-bukti keesaan Allah Swt 4.4.2 Menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt 1.11.1 Terbiasa
bersuci sebelum beribadah 2.11.1
Menunjukkan perilaku bersih badan 2.11.2
Menunjukkan perilaku bersih pakaian 2.11.3
Menunjukkan perilaku bersih barang-barang 2.11.4
Menunjukkan perilaku bersih tempat |
|
|
4.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
3.11 Memahami
tata cara bersuci. 4.11
Mempraktikkan tata cara bersuci |
3.11.1
Menyebutkan arti bersuci 3.11.2
Menyebutkan macam-macam bersuci 3.11.3
Menjelaskan tatacara mandi. 3.11.3
Menjelaskan tatacara mandi. 4.11.1 Menyimulasikan tatacara mandi 4.11.2 Menyimulasikan tatacara istinja 4.11.3 Memperagakan tatacara mandi 4.11.4 Menunjukkan tatacara istinja 4.11.1
Menyimulasikan tatacara bersih badan. 4.11.2
Menyimulasikan tatacara bersih pakaian. 4.11.3
Memperagakan tatacara bersih barang-barang 4.11.4 Menunjukkan
tatacara bersih tempat |
|
|
5.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ādam a.s. 2.13 Menunjukkan sikap pemaaf sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladanan Nabi Ādam a.s. 3.13 Memahami
kisah keteladanan Nabi Ādam a.s. 4.13 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ādam a.s. |
1.13.1 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ādam a.s. 2.13.1
Menunjukkan sikap pemaaf 3.13.1
Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ādam a.s. 3.13.2 Menjelaskan sikap pemaaf dari kisah keteladanan
Nabi Ādam a.s. 4.13.1. Menceritakan
sikap terpuji Dari kisah keteladanan N abi Adam a.s 4.13.2. Menceritakan
kisah singkat |
|
|
5.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Nūh a.s. 2.15 Menunjukkan sikap kerja keras, dan kerjasama
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. 3.15 Memahami
kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. 4.15 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. |
1.15.1 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Nūh a.s. 2.15.1
Menunjukkan sikap kerja keras. 2.15.2 Menunjukkan sikap kerja sama 3.15.1
Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. 3.15.1
Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. 3.15.3 Menjelaskan sikap kerjasama dari kisah
keteladanan Nabi Nūh a.s. 4.15 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Nūh a.s. 4.15.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Nūh
a.s. |
|
|
5.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pokok |
AW |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Hūd a.s. 2.16 Menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Hūd a.s. 3.16 Memahami
kisah keteladanan Nabi Hūd a.s. 4.16 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Hūd a.s. |
1.16.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Hūd a.s. 2.16.1 Menunjukkan sikap sopan. 2.16.2 Menunjukkan sikap santun. 3.16.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan
Nabi Hūd a.s. 3.16.2 Menjelaskan sikap sopan dari kisah keteladanan
Nabi Hūd a.s. 3.16.3
Menjelaskan sikap santun dari kisah keteladanan Nabi Hūd a.s. 4.16.1 Menceritakan sikap terpuji Nabi Nabi Hūd a.s. 4.16.2
Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Hūd a.s. |
|
|
No comments:
Post a Comment